Cara Menulis Puisi yang Baik Sesuai Dengan Kata Hati

Cara Menulis Puisi yang Baik Sesuai Dengan Kata Hati
Cara Menulis Puisi yang Baik Sesuai Dengan Kata Hati - Pada kesempatan kali ini saya tidak akan menulis puisi tapi saya akan berbago tentang bagaimana cara menulis puisi yang baik sesuai dengan kata hati anda. Beberapa hari yang lalu ada seseorang yang mengirim email ke saya yang untuk belajar menulis puisi. Bukan menolak, hanya saja saya juga masih dalam proses belajar. Selain itu saya sendiri belajar menulis puisi hanya berdasarkan pengalaman dan bukan oleh mentor atau seorang guru yang mahir menulis puisi.

Akhirnya saya mengatakan kepada orang yang mengemail saya untuk bergabung di laman facebook yang saya buat yaitu Puisi Pendek 1001, untuk link laman tersebut dapat anda lihat pada bagian kanan atas blog ini.


Selain laman facebook, saya juga membuat channel youtube 1001 Puisi yang khusus tentang musikalisasi puisi.


Cara menulis puisi yang akan saya bagikan ini merupakan cara yang sering gunakan dan berasal dari hasil belajar sendiri. Jadi bagi anda yang mau atau suka menulis puisi juga, dapat mencoba tips menulis puisi berikut ini :

Cara- Cara Menulis Puisi yang Baik Sesuai Dengan Keinginan Anda

Tips menulis puisi yang baik menurut saya yaitu menulislah sesuai dengan apa yang kita pikirkan atau rasakan. Dapat juga menulis puisi ketika kita terinspirasi oleh aktivitas seseorang.

1. Perbanyak membaca buku sastra


Membaca buku merupakan kegiatan yang sangat mendasar dalam bidang apapun demi menambah pengetahuan. Prinsipnya semakin banyak membaca, semakin banyak pula ilmu pengetahuan yang kita ketahui.

Untuk menulis puisi, kita perlu perbanyak membaca buku-buku yang bertema sastra. Saya sendiri senang membaca buku-buku karya Khalil Gibran sebagai referensi dalam menulis puisi. Buku Khalil Gibran sudah cukup lama saya suka membaca buku-buku karyanya. Akhir-akhir ini saya juga mulai tertarik membaca buku-buku karya Franz Kafka yang gaya menulisnya tidak jauh beda dengan Khalil Gibran menurut saya.

Anda dapat membaca buku apa saja yang disenangi, asalkan buku-buku tersebut bertemakan sastra agar berhubungan dengan puisi itu sendiri.

Manfaat membaca buku-buku sastra yaitu agar kita mengetahui banyak kosa kata yang menarik untuk nantinya kita rangkai dalam bait-bait puisi.

Bagi saya membaca itu ibarat kita memberi makan otak dengan kata, kalimat serta pengetahuan dan pemahaman. Semakin banyak kita membaca maka semakin banyak pula makan yang tersimpan di otak kita.

2. Menulis puisi berdasarkan pengalaman hidup


Semua orang memiliki pengalaman hidup yang berbeda-beda, hal itulah yang membuat keunikan dalam menjalani hidup masing-masing. Nah, pengalaman hidup anda dapat dijadikan inspirasi untuk mulai menulis puisi. Misalnya pengalaman kisah cinta, masalah hidup, proses-proses apa saja yang anda alami atau ketika melihat orang yang memberikan inspirasi.

Seperti contah, saya pernah menulis tentang puisi berjudul pedagang di akhir tahun yang merupakan inspirasi oleh para pedagang di pagi hari ketika sedang sibuk di samping jalan. Pada saat itu saya sedang melewati jalan tersebut dan melihat aktivitas mereka. Dari situlah saya terinspirasi untuk menulis puisi tersebut.

Semua puisi yang saya tulis di blog ini merupakan pengalaman pribadi, seperti puisi cinta, kehidupan, alam dan sahabat serta inspirasi-inspirasi dari orang lain yang saya ungkapkan dalam puisi.

3. Minimal 4 bait puisi


Ini hanya menurut saya, jika anda perhatikan semua puisi yang saya tulis di blog ini, semua terdiri dari minimal 4 bait puisi. Bagi saya 4 bait terlihat cukup untuk terlihat narasi indah pada puisi. Untuk maksimal baitnya terserah anda.

4. Teruslah menulis puisi


Terus menulis puisi merupakan tindakan yang baik dilakukan. Indahnya sebuah puisi dihasilkan dari kebiasan menulis puisi yang dilakukan secara terus menerus. Mungkin hasil puisi di awal menulis menurut anda kurang maksimal tapi jangan pernah berhenti. Selalu terus menulis maka dengan sendirinya puisi-puisi hasil tulisan anda akan semakin bagus.

Meskipun anda telah banyak membaca buku sastra tapi tidak rutin menulis maka tidak akan menghasilkan puisi yang baik menurut anda.

Menulis puisi yang baik sesuai dengan kata hati dan jadi diri sendiri sangat baik menurut saya. Pernah suatu ketika ada teman yang menyarankan ke saya agar puisi-puisi saya berkiblat pada salah seorang penulis puisi yang mulai populer. Saya menanggapi saranya dengan mengatakan " jika saya berkiblat pada seseorang maka saya tidak akan memilik ciri khas saya sendiri atau tidak menjadi diri sendiri". 

Menjadi diri sendiri dalam menulis puisi merupakan hal yang penting bagi saya agar orang mudah mengetahui bahwa itu karya kita begitu melihat karya atau tulisan tersebut.

Inilah cara dan tips menulis puisi yang dapat saya bagikan sesuai pengalaman. Jika anda memiliki pengalaman lain dalam menulis puisi dapat saling berbagi pada kolom komentar di bawah, sehingga kita dapat bersama-sama belajar untuk menghasilkan karya puisi yang lebih baik lagi.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menulis Puisi yang Baik Sesuai Dengan Kata Hati"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel